Makanan Khas Sumatera Selatan

Makanan Khas Sumatera Selatan



1. Empek-empek






Siapa yang tidak mengenal empek-empek ? Makanan khas dari dearah Sumatera selatan, khususnya Palembang ini sudah menjadi makanan kegemaran masyarakat Indonesian pada umumnya.
Tidak jelas siapa dan bagaimana sejarah terjadinya empek-empek. Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.


2. Mie celor

Satu lagi kuliner khas Palembang yang harus di ketahui dan tentunya di cicipi, namanya adalah mie celor.
Rasanya agak hot sedikit karena dicampur dengan cabe merah.
Selain itu, di setiap meja makan disediakan kerupuk ikan palembang atau rempeyek kacang. hemymymymym nikmatttt

 

3. Es kacang merah

es kacang merahMinuman khas palembang ini adalah jenis minuman yang selain segar juga menyehatkan, karena es kacang merah ini mengandung susu dan tentunya kacang merah itu sendiri.


 

 

4. Celimpungan

Celimpungan adalah makanan yang berbahan dasar sagu dan ikan. Kota palembang memang identik dengan makanan-makanan yang berbau ikan dkk.

Celimpungan bisa disajikan dengan lontong dan sayur dan lauknya, bisa juga hanya disajikan sendiri. Kalau lagi ada hari raya, biasanya celimpungan adalah salah satu menu favorit.





Ok....itulah beberapa Makanan Khas Kota Sumatra selatan...




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 18:51 and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment